Otentikasi Dokumen Penting dengan konsep D-Bus (Document Authenication By Using Qr-Code)


Penyalahgunaan seperti pembajakan, plagiasi merupakan upaya yang dilakukan oleh segelintir orang untuk mendapatkan keuntungan pribadi sehingga dapat merugikan pihak yang telah bersusah payah menciptakan sesuatu.
Perkembangan teknologi khususnya perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan banyaknya pembajakan dengan upaya untuk memanipulasi dan mengcopy teknologi ciptaan dan hasil karya seseorang yang membuat ciptaan dan hasil karya sekarang ini sering disadur dan di pindah.
KTP, KK, surat nikah, akta kelahiran, ijazah sekolah, dan akta otentik lainnya. Sepintas tidak ada yang berbeda dokumen-dokumen palsu itu dengan yang asli.
Dari berbagai permasalahan yang muncul maka kami menawarkan sebuah solusi teknis dalam penanggulangan pemalsuan Surat Izin Mengemudi dengan sebuah teknik yang kami sebut; Otentikasi Dokumen Penting Secara Real-Time Menggunakkan Teknik Watermarked QR-Code.

Kerangka Konsep D-Bus.

Kondisi Saat ini Implementasi Kondisi yang diharapkan
1.Dokumen Penting dapat dimanipulasi seiring perkembangan teknologi software dan hardware

2.Perlu adanya suatu sistem yang reliabel dan realtime (Langsung)  untuk mengetahui keaslian sebuah Dokumen Penting.

Menerapkan teknik watermarked QR-Code  kemudian citra terwatermark akan disisipkan pada Dokumen Penting yang akan dicetak yang nantinya akan divalidasi menggunakan perangkat mobile seperti smartphone secara realtime.

 

1.Citra yang disisipkan pada Dokumen Penting memilki watermark hak cipta

2.Adanya suatu sistem yang reliabel dalam otentikasi Dokumen Penting Mengurangi pembajakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *